Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Latihan Bahasa Indonesia USBN 2018 Disertai Esai


Postingan unduh Soal Latihan Bahasa Indonesia USBN 2018 Disertai Esai ini bisa menjadi rujukan bagi guru dan siswa dalam mempersiapkan USBN 2018 ini. Di tahun 2018 ini, pemerintah sudah memutuskan untuk melaksanakan USBN hanya tiga mata pelajaran bagi SD/MI. Tiga mata pelajaran itu adalah Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Bentuk soal adalah pilihan ganda dan esai. Sebanyak 90 persen soal akan berjenis pilihan ganda dan 10 persen berbentuk esai.


Dilansir dari laman Kemendikbud, Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan 75-80 persen soal akan disiapkan oleh guru mata pelajaran pada satuan pendidikan. Rumusan soal itu lalu dikonsolidasikan dengan Kelompok Kerja Guru (KKG). Kepala Balitbang Kemendikbud Totok Suprayitno juga menambahkan, untuk naskah soal ujian pelajaran siswa SD lainnya yang tidak tergabung mapel USBN utama, seperti PPKN, IPS, Seni Budaya dan Keterampilan, serta Penjaskes dan Olah raga, semuanya akan disiapkan sekolah masing-masing.


DapurImajinasi sebagai salah satu sarana ruang belajar bahasa Indonesia akan menyajikan satu kumpulan soal bahasa Indonesia. Soal Latihan Bahasa Indonesia USBN 2018 Disertai Esai ini merupakan kumpulan soal Asli US/M Bahasa Indonesia tahun 2017. Soal ini bisa menjadi latihan untuk mengukur kemampuan siswa tahun ini dibanding dengan tahun lalu. Berkaca pada hasilnya nanti, guru bisa mengevaluasi dan menentukan strategi selanjutnya dalam upaya mempersiapkan USBN dengan sebaik-baiknya.


Soal Latihan Bahasa Indonesia USBN 2018 Disertai Esai ini terdiri atas 50 soal asli US/M bahasa Indonesia tahun 2017 dan 5 soal esai. Soal esai diselipkan di sini sebagai latihan menghadapi soal-soal esai nantinya. Untuk soal selengkapnya, silakan klik tautan di bawah ini.


Di soal latihan bahasa Indonesia USBN 2018 yang sudah dilengkapi dengan soal esai ini juga sudah disertai dengan kunci jawaban. Oleh karena itu, para guru bisa menilai secara objektif hasil latihan yang sudah diberikan siswa nantinya. Untuk mengunduh kunci jawaban soal latihan bahasa Indonesia USBN 2018 yang sudah disertai dengan soal esai, silakan klik tautan di bawah ini.



Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

4 komentar untuk "Soal Latihan Bahasa Indonesia USBN 2018 Disertai Esai"